Upaya Digitalisasi Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan Sederhana Pada UMKM Desa Mojoranu Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto

Authors

  • Mutmainah STIE Al-Anwar Mojokerto
  • Suhendro STIE Al-Anwar Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.61166/jiemt.v2i2.33

Keywords:

UMKM, Digitalisasi Pemasaran, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Transformasi digital telah menjadi keharusan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi tantangan ekonomi modern. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memahami proses dan dampak penerapan digitalisasi dalam aspek pemasaran serta pengelolaan keuangan sederhana pada UMKM di Desa Mojoranu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, kegiatan pengabdian dilakukan dengan sosialisasi langsung dan pendampingan kepada pelaku UMKM menggunakan media sosial, marketplace, serta aplikasi pencatatan keuangan berbasis digital. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap peserta kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM dalam mengoptimalkan strategi pemasaran digital serta dalam menyusun laporan keuangan sederhana secara mandiri. Selain itu, kegiatan ini juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan keuangan yang transparan dan efisien sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis. Temuan ini menegaskan bahwa digitalisasi dapat menjadi sarana strategis untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM di era ekonomi digital.

References

Ade Setia Pratama. (2025). UpScaling dan personal branding dalam rangka menumbuhkan jiwa entrepreneurship di era 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Damar Wulan STIE Al-Anwar Mojokerto.

Ardissa, A. U., Safitri, S., Rohmalia, Y., & Asbari, M. (2025). Strategi penguatan daya saing UMKM konveksi melalui analisis SWOT dan digitalisasi pemasaran: Studi kasus pada Konveksi D’Stiny Tigaraksa. Niswantara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10–15.

Carayannis, E. G., & Campbell, D. F. J. (2009). Mode 3 and quadruple helix: Toward a 21st century fractal innovation ecosystem. International Journal of Technology Management, 46(3–4), 201–234. https://doi.org/10.1504/IJTM.2009.023374

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Helmiyah, W., Norfaiza, S., Kusuma, A., Indiryani, S., Rokha, R. S., Thufail, A. F., ... & Hafidhah, H. (2025). Digitalisasi pemasaran keris sebagai identitas budaya Madura: Sinergi antara tradisi dan budaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka, 4(1), 447–454.

Kurniawan Raharjo, N. D. (2022). Pemanfaatan financial technology dalam pengelolaan keuangan pada UMK di wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 2, 67–77.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Porter, M. E. (1980). Competitive strategy: Techniques for analyzing industries and competitors. Free Press.

Ritchie, J. R. B., & Crouch, G. I. (2003). The competitive destination: A sustainable tourism perspective. CABI Publishing.

Rosyidi, M., & Sungkawati, E. (2025). Manajemen keberlanjutan dan inovasi digital. Lima Aksara.

Sariningsih, L. L. (2025). Sosialisasi pengembangan UMKM dan pemasaran guna meningkatkan penjualan UMKM emping melinjo di Desa Taman Rejo. JAPMA, 5(1), 336–346.

Silvia, D., Salma, N., Khoirina, S., Surya, M. R. E., WA, A. R., WA, S. M., & Warisi, D. (2025). Pelatihan digitalisasi pemasaran dan pencatatan keuangan sederhana pada UMKM. Jurnal Pengabdian UMKM, 4(1), 82–87.

Sri Sundari, H. D. (2022). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. Wikuacitya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 94–99.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunarjo, R. A., Baedowi, H., Rahardja, U., Ilham, M. G., & Parker, J. (2025). Digitalization of business and marketing strategies to increase brand awareness in the 4.0 era: Strategi digitalisasi bisnis dan pemasaran untuk meningkatkan brand awareness di era 4.0. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 6(1), 55–65.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). SAGE Publications.

Downloads

Published

2025-10-05

How to Cite

Mutmainah, & Suhendro. (2025). Upaya Digitalisasi Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan Sederhana Pada UMKM Desa Mojoranu Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Modern Dan Tradisional , 2(2), 109–116. https://doi.org/10.61166/jiemt.v2i2.33

Issue

Section

Articles