Manajemen Pemasaran Usaha Servis Elektronik Barokah Cahaya Teknik Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.61166/jiemt.v2i1.30Keywords:
Manajemen, Usaha, Pemasaran, Servis ElektronikAbstract
Barokah cahaya teknik Lamongan merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang servis elektronik, melayani perbaikan perangkat rumah tangga seperti televisi, kulkas, mesin cuci, dan perangkat elektronik lainnya. Metode yang digunakan adalah kualititatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data utama berupa wawancara dengan pemilik usaha serta beberapa pelanggan di Barokah cahaya teknik Lamongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pemasaran yang diterapkan oleh Barokah cahaya teknik Lamongan berhasil memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan yang cepat, terpercaya, dan berbiaya terjangkau, terutama dalam perbaikan perangkat elektronik rumah tangga. Barokah cahaya teknik mampu memperluas basis pelanggan dan mempertahankan keberlanjutan usahanya di tengah persaingan.
References
Aini, N., & Alimuddin, F. (2023). Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Pada Bisnis Catering Pedesaan di Leworeng Kab. Soppeng. Economics and Digital Business Review, 4(2), 132-143.
Annur, A. M., & Anwar, K. (2021). Analisis Manajemen Pemasaran Pada UMKM (Studi Usaha Jahit HANIMIST). Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 6(1), 60-72.
Awwalin, I. N., Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2025). Analisis Respon Publik Melalui Sosial Media Facebook terhadap Wacana Kenaikan Pajak Pasca Pilpres 2024 pada Media Pemberitaan. AKSAYA: Jurnal Rumpun Akuntansi Publik, 1(1), 01-08.
Eliya, S., & Suprapto, Y. (2022). Perancangan Pemasaran Digital Pada Usaha Royal Catering. Jurnal Mirai Management, 7(3), 424-432.
Hardana, A., & Damisa, A. (2022). Pelatihan Manajemen Usaha Dalam Meningkatkan Usaha UMKM Kuliner. Medani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-22.
Helmy, B. J., Syaipudin, L., Harimulyono, N., & Luthfi, A. (2025). Konsep Bisnis Industri Rumah Tangga Perspektif Teori Hubungan Manusia Elton Mayo. ALTAMKIN: Jurnal Ekonomi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 30-36.
Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14-28.
Indie, J. J., & Graciafernandy, M. A. (2023, August). EKSPLORASI FAKTOR-FAKTOR PENENTU KINERJA PEMASARAN: STUDI EMPIRIS PADA UMKM CATERING DI KOTA SEMARANG. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS (Vol. 2, No. 1, pp. 324-332).
Kalsum, E. U., Sipahutar, E. S., & Purba, I. G. (2023). Perlindungan hukum konsumen dalam layanan purna jual Produk Sharp Indonesia. Jurnal Normatif, 3(1), 271-275.
Kusnandi, W., Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Strategi Penjualan dan Pemasaran dalam Bisnis Dagang Retail di Toko Agung Jaya Kunir Wonodadi Blitar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Modern dan Tradisional, 1(1), 1-13.
Lubis, L. A. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Bisnis pada Umkm Falisha Catering Medan. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(3).
Maulana, A., Purnamasari, I., & Maulana, I. (2024). Rancang Bangun Website Layanan Jasa Reparasi Alat Elektronik Rumah Tangga Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Cv. Xyz). Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(3).
Purnama, C., Rahmah, M., & Fatmah, D. (2022). Self-efficacy, innovative work behavior and job performance in digital printing. BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship, 5(1), 1-10.
Purnama, C., Rahmah, Z. Z., Fatmah, D., Rahmah, M., Hasani, S., Rahmah, Y., & Mutfarida, B. (2024). Investigasi peran temporal kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada Bank Syariah Indonesia. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(2), 390-400.
Purnama, R., Wahyuni, S., & Lestari, M. (2024). Pentingnya Laporan Keuangan dalam Usaha Mikro. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 8(2), 88–97.
Purwatiningsih, A. P., & Pamungkas, I. D. (2022, July). Pemanfaatan Pemasaran Digital Melalui Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Catering Pedesaan. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.
Rahmah, Z. Z., Mutfarida, B., Purnama, C., Fatmah, D., Rahmah, M., Hasani, S., & Rahmah, Y. (2024). MANAJEMEN PENDAPATAN NASIONAL DAN KESEJAHTERAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM: ANALISIS KRITIS. Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa, 21(1), 32-44.
Rawis, J. E., & Pangemanan, S. P. (2023). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Catering Miracle di Kecamatan Ranotana Weru Kota Manado. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 3672-3679.
Rofiq, A. (2021). Analisis Kesiapan Sertifikasi ISO 9001: 2015 Dengan Metode Gap Analysis Tools Guna Meningkatkan Mutu Pada Perusahaan Jasa Servis Elektronik CV Berkah Bersama Putra. SIJIE Scientific Journal of Industrial Engineering, 2(2), 75-79.
Salam, R., & Kho, A. (2023). Pengaruh Manajemen Pemasaran Virtual Terhadap Produk UMKM. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(2), 198-207.
Santoso, D., Indarto, I., & Santoso, A. (2019). Pelatihan Pemasaran Elektronik Bagi Usaha Kecil Difabel (E-Marketing Trainning for Diffable Small Business). Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Setiyariski, R., Kristiutami, Y. P., Dewi, K., Handayani, R. D., & Fauzzia, W. (2021). Pelatihan Strategi Pemasaran Digital bagi Usaha Kuswini Catering di Masa Pandemi Covid-19.
Sihotang, E. T., Nita, R. A., Budiana, K. M., Yutanto, H., & Ekaningtyas, D. (2024). Pendampingan Pemasaran Digital Melalui Pemanfaatan Landing Page sebagai Media Promosi Usaha Katering. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 15(2), 238-245.
Sofiana, S. (2021). Strategi Pemasaran Catering Dapur Titto Melaluli Facebook Dan Instagram (Doctoral dissertation, STKIP PGRI BANGKALAN).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syaipudin, L. (2023). Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(1), 80-98.
Syaipudin, L., & Awwalin, I. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31-42.
Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2023). Analysis Traditional Market Revitalization For Economic Improvement of Kras Market Kediri. MAR-Ekonomi: Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Rumpun Ilmu Ekonomi, 1(02), 32-41.
Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Pengaruh Financing to Debt Ratio dan Net Profit Margin terhadap Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia Periode 2013-2022. Jurnal Ilmiah Akuntansi Publik, Manajemen dan Perbankan, 1(1), 10-21.
Tisya, V. A., & Prakosa, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Manajemen Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Usaha Catering Bu Parini di Kecamatan Danurejan DIY. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 42-50.
Vincent, W., & Sulaiman, F. (2021). Pengaruh Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Pelanggan di Prima Elektronik Medan. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(2), 40-45.
Wahjono, W., & Ismanto, A. C. (2024). Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Mengakses Media Sosial Sebagai Upaya Penguatan Pemasaran Usaha Kuliner. Jurnal Ilmiah Infokam, 19(2), 111-118.
Wijayanti, R. (2020). Pemanfaatan Laporan Laba Rugi untuk Menilai Kinerja Keuangan UMKM. Yogyakarta: Penerbit UGM Press.
Yuliana, R., & Handayani, M. (2021). Peran Pemerintah dalam Pemberdayaan UMKM melalui Literasi Keuangan. Jurnal Ekonomi Daerah, 5(2), 101–110.





