Strategi Penjualan dan Pemasaran dalam Bisnis Dagang Retail di Toko Agung Jaya Kunir Wonodadi Blitar
DOI:
https://doi.org/10.61166/jiemt.v1i1.2Keywords:
Strategi Penjualan, Kepuasan Pelanggan, Penjualan Retail, Pemasaran, BisnisAbstract
Strategi penjualan di toko retail mencakup berbagai pendekatan yang dirancang untuk meningkatkan penjualan, menarik pelanggan, dan meningkatkan loyalitas. Mengatur produk dengan cara yang menarik dan mudah diakses oleh pelanggan. Produk-produk populer ditempatkan di bagian strategis, sementara barang pelengkap atau kurang diminati ditempatkan di area tersendiri menjadi salah satu bentuk strategi khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran tata letak dan desain interior toko dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Agung Jaya Kunir Wonodadi Blitar. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana elemen-elemen lingkungan toko seperti tata letak, pencahayaan, warna, dekorasi, dan musik latar berkontribusi terhadap pengalaman belanja pelanggan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pelanggan dan observasi langsung di toko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata letak yang efisien, pencahayaan yang baik, dan desain interior yang konsisten dengan branding toko secara signifikan meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Strategi lingkungan toko yang diterapkan secara holistik juga mendukung optimalisasi elemen Retail Mix, seperti produk, harga, dan promosi, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan loyalitas pelanggan dan pembelian berulang. Penelitian ini menekankan pentingnya penerapan desain interior yang strategis dalam rangka menciptakan pengalaman belanja yang memuaskan di toko Agung Jaya Kunir Wonodadi Blitar.
References
Adithia, S., Puspita, D. M., & Jaya, P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.37535/104001120213
Aditya, R. B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Air Minum dalam Kemasan. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(1), 10–17.
Amalia, N. R., & Syaipudin, L. (2023). Integrated Marketing in Subway Fast Food Restaurant Franchises. Journal of Nusantara Economy, 2(2), 45-55.
Candrianto. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Literasi Nusantara.
Deliarnova. (2018). Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Rajawali Pers.
Ditha, H. (2019). Promosi Dan Harga pada Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 25–38. https://doi.org/10.25139/EKT.V3I1.1431
Fandy Tjiptono. (2007). Strategi Pemasaran. penerbit Andi.
Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.
Ferdiani, & Sutop. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery & Cafe Pandanaran Semarang. In Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.
Hamdani. (2014). Dasar-dasar Manjemen Pemasaran Konsep, Strategi dan Kasus. Andi.
Maryama, S., & Sujatna, Y. (2018). "Retail Mix Dan Kepuasan Konsumen Minimarket." Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen 7.1: 53-62.
Novitasari, D. A., & Cahya, S. B. (2018). Analisis Kepuasaan Pelanggan Jasa Delivery Order Lamongan Dengan Menggunakan Metode Service Quality. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(1), 651–656.
Pamela, S., Kusuma, H. E., & Safira, A. (2021). Tiga Aspek Preferensi Pengguna Coworking Space dengan Pendekatan Stated Preference: Desain, Pelayanan, dan Kualitas Lingkungan Ruang Dalam. RUAS, 19(2), 74–83. https://doi.org/10.21776/UB.RUAS.2021.019.02.
Pratama, Muhammad Rizqi, et al. "Applicability of Islamic Education Philosophy to Educational Level Units from an Islamic Studies Perspective." ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini 2.4 (2023): 179-189.
Reni & Ismunandar (2023). "Pengaruh Retailing Mix Dan Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bolly Sila Kabupaten Bima." Jurnal Bintang Manajemen 1.3 (2023): 113-132.
Rifa’i, M. (2021). "Analisis Kebutuhan Konsumen Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Omset Usaha Ritel." Izzi (Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Badri Mashduqi) 1.1: 28-41.
Setyawan, T. B. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Sektor Kuliner di Kota Padang dengan Peran Mediasi Orientasi Pasar dan Orientasi Teknologi. Diss Univeritas Padang.
Sholikhah, A. F., & Hadita. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(2), 655–689.
Sony Erstiawan, M., & Wibowo, J. (2021). Efektivitas Strategi Pemasaran Dan Manajemen Keuangan Pada UMKM Roti. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 2581–1932. http://journal.pnm.ac.id/index.php/dikemas/article/view/18.
Suganda, U. C., & Martamihardja, D. D. "Pengaruh Retailing Mix Terhadap Customer Satisfaction." JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 8.3 (2022): 866-872.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syaipudin, L. (2023). Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(1), 80–98. https://doi.org/https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v12i1.1125
Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2023). Analysis Traditional Market Revitalization For Economic Improvement of Kras Market Kediri. MAR-Ekonomi: Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Rumpun Ilmu Ekonomi, 1(02), 32–41. https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/marekonomi/article/view/105
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 5(1).
Usulu, I. D., & Tumbel, A. L. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Double O Karaoke Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).