Strategi Pemasaran Melalui Word of Mouth dalam Mempertahankan Bisnis pada Barokah Cahaya Elektronik Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.61166/jiemt.v1i1.3Keywords:
Strategi Pemasaran, Strategi Penjualan, Bisnis, World of MouthAbstract
Strategi pemasaran yang baik juga memberikan nilai tambah yang membedakan bisnis dari kompetitor. Strategi pemasaran tidak hanya membantu dalam menarik pelanggan baru tetapi juga dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada, membangun loyalitas, dan memperkuat posisi pasar bisnis secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data menurut Miles dan Huberman, Menurut Miles dan Huberman, teknik analisa data kualitatif dilakukan melalui beberapa tahapan yang mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan serta verifikasi kesimpulan. Kondensasi data merupakan langkah penting dalam proses ini. Kesimpulan: 1)Langkah-langkah dalam menerapkan word of mouth (WOM) adalah memastikan bahwa pelanggan menerima pengalaman layanan yang sangat baik dan mengelola umpan balik pelanggan secara aktif. Menanggapi ulasan positif dengan ucapan terima kasih dan menangani keluhan secara profesional menunjukkan bahwa bisnis peduli dan siap memperbaiki masalah. 2)Usaha Barokah Cahaya Elektronik Lamongan secara keseluruhan mampu mempertahankan bisnis dengan implementasi word of mouth.
References
Amalia, N. R., & Syaipudin, L. (2023). Integrated Marketing in Subway Fast Food Restaurant Franchises. Journal of Nusantara Economy, 2(2), 45-55.
Arini, E. P., & Sari, D. P. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Di Toko Syarah Bakery Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 3(2), 129-134.
Ayu, I. P. (2024). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran di Tengah Krisis (Studi Kasus pada PT. Pos Indonesia). Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 1-10.
Faraby, M. E. (2024). Strategi Pemasaran Depot Bakso Pak Rin Sidoarjo Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Ditinjau Dari Syariah Marketing Mix. Izdihar: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(01), 13-20.
Farida, A. L. N., Alim, F., Maulana, H., Huda, V. S., & Syaipudin, L. (2023). Contextualization of Educational Management in the School, Family and Social Environments: Literature Study on the Concept of Islamic Education. Beginner: Journal of Teaching and Education Management, 1(2), 50-64.
Huda, F. (2024). Manajemen Strategi dalam Mempertahankan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(3), 1112-1115.
Mahabbah, H. I. N., & Mawardi, A. I. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Pada UMKM Alief Onions. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 183-189.
Mubaroq, R. H., & Prawiyogi, A. G. (2024). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Umkm Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Umkm Susu Kedelai Mavies Pangulah Utar. Jurnal Buana Pengabdian, 6(2), 11-18.
Nurhayati, S. F. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mau Tahu Banget. Determinasi: Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 56-65.
Pratama, M. R., Ramadan, Z. A., Solichah, I., Sari, S. A. N. W., Jannah, S. N., & Syaipudin, L. (2023). Applicability of Islamic Education Philosophy to Educational Level Units from an Islamic Studies Perspective. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 2(4), 179-189.
Siregar, O. M. (2022). Strategi Pemasaran Toko Meidy Fashion dalam Mempertahankan Bisnis pada Masa Pandemi Covid-19. Regress: Journal of Economics & Management, 2(1), 1-11.
Sukoco, H., & Krisnaresanti, A. (2024). Penggunaan Media Sosial Sebagai Adaptasi Strategi Pemasaran Umkm Saat Pandemi Covid-19: Tinjauan Literatur. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, 3(1), 32-40.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syaipudin, L., & Awwalin, I. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31-42.
Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2023). Strategi Pengembangan Produksi Home Industry Batu Ziolit Untuk Meningkatkan Omzet Penjualan Di Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Journal of Economics and Business, 1(1), 35-46.
Syaipudin, L. (2023). Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(1), 80-98.