Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan di Bidang Usaha Kuliner (Studi Zahira Catering Lamongan)
DOI:
https://doi.org/10.61166/jiemt.v1i1.4Keywords:
Strategi Pemasaran, Strategi Penjualan, Kuliner, Bisnis, UsahaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pemasaran yang matang untuk mencapai kesuksesan. Tanpa strategi yang jelas, usaha catering bisa mengalami kesulitan dalam menarik pelanggan, bersaing dengan kompetitor, dan membangun merek yang kuat. Strategi pemasaran berfungsi sebagai peta jalan yang mengarahkan bisnis untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dengan cara yang terencana dan terukur. Dengan memahami dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif, Zahira Catering dapat meningkatkan penjualan. Metode penelitian ini menggunkan kualitatif, Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pelanggan dan observasi langsung di lokasi catering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan yaitu pertama, strategi word of mouth dan inovasi produk yang dapat menjadi pendekatan yang komprehensif untuk meningkatkan penjualan. 2)Kendala yang terjadi dalam mengoptimalkan strategi pemasaran yaitu keterbatasan sumber daya dan kurangnya pemahaman tentang pemasaran digital adalah kendala yang signifikan bagi Zahira Catering Lamongan dalam mengoptimalkan strategi pemasaran.
References
Amalia, N. R., & Syaipudin, L. (2023). Integrated Marketing in Subway Fast Food Restaurant Franchises. Journal of Nusantara Economy, 2(2), 45-55.
Amalia, N. R., & Syaipudin, L. (2024). Capital Market Reaction to the 2019 Indonesian Presidential Election in Advertising and Advertising Companies. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 2(1), 22-32.
Faida, E. N., & Syaipudin, L. (2024). Analisis Cadangan Premi Asuransi Jiwa Menggunakan Metode ARIMA. Jurnal Ilmiah Ekonomi Modern dan Tradisional, 1(1), 39-46.
Farida, A. L. N., Alim, F., Maulana, H., Huda, V. S., & Syaipudin, L. (2023). Contextualization of Educational Management in the School, Family and Social Environments: Literature Study on the Concept of Islamic Education. Beginner: Journal of Teaching and Education Management, 1(2), 50-64.
Febrianti, F., & Beni, S. (2023). Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kuliner Di Kecamatan Bengkayang. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 11(02), 189-210.
Indrawan, A. T. H., & Anasrulloh, M. (2024). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Studi Kasus Pada Rumah Makan Lodho Lissy Desa Ngunggahan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3).
Juminawati, S., Syamsulbahri, S., & Harsono, I. (2024). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, dan Strategi Pemasaran terhadap Daya Saing UKM di Pasar Lokal: Studi pada Industri Kreatif di Bandung, Indonesia. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, 3(01), 1-10.
Kuspriyono, T., & Ramadhayanti, A. (2021). Strategi promosi kreatif dan strategi pemasaran inteksin dalam meningkatkan penjualan. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 18(3), 551-562.
Oktavian, R., & Aminuddin, L. H. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Sepeda Eks Bike Dolopo. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 333-346.
Prameswari, A. D., & Sitorus, O. F. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran Word Of Mouth Pada UMKM Kuliner Jakarta Timur. Jurnal Niara, 16(3), 513-519.
Priatko, A. A., & Sanjaya, R. (2024). Pengaruh influencer kuliner petualangmakanan_a2 dalam pemasaran usaha kuliner melalui media sosial instagram. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 17(1), 24-38.
Putra, F. M., Hilal, S., & Hanif, H. (2024). Analisis Implementatasi Strategi Marketing Mix Pada Usaha Kuliner Seafood Brother Lampung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1972-1985.
Sampita, W. D. (2020). Strategi pemasaran online dalam meningkatkan penjualan (Studi kasus Sambal Mbok Bariah di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syaipudin, L., & Awwalin, I. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31-42.
Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2023). Analysis Traditional Market Revitalization For Economic Improvement of Kras Market Kediri. MAR-Ekonomi: Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Rumpun Ilmu Ekonomi, 1(02), 32-41.
Syaipudin, L. (2023). Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(1), 80-98.
Wijayanti, L., & Wathon, A. (2024). Peluang Usaha Kuliner. Sistim Informasi Manajemen, 7(1), 434-456.
Utomo, S. B., Laksmono, R., Kurniawan, R., & Judijanto, L. (2024). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(1), 507-513.